Apa Itu Disclaimer?

Apa Itu Disclaimer?


Apa Itu Disclaimer - Sharekuk

Sebenarnya apa sih Disclaimer itu? Pastinya banyak dari kalian yang bertanya Apa Itu Disclaimer, Menurut Wikepedia pengertian atau arti kata "Disclaimer" adalah


A disclaimer is generally any statement intended to specify or delimit the scope of rights and obligations that may be exercised and enforced by parties in a legally recognized relationship. In contrast to other terms for legally operative language, the term disclaimer usually implies situations that involve some level of uncertainty, waiver, or risk.

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menggunakan Google Terjemahan menghasilkan pengertian :

Penolakan umumnya adalah pernyataan yang dimaksudkan untuk menentukan atau membatasi ruang lingkup hak dan kewajiban yang dapat dilaksanakan dan diterapkan oleh pihak-pihak dalam hubungan yang diakui secara hukum. Berbeda dengan istilah lain untuk bahasa operasi legal, istilah disclaimer biasanya menyiratkan situasi yang melibatkan beberapa tingkat ketidakpastian, pengabaian, atau risiko.

Jika Disclaimer itu bermakna demikian, maka pertanyaan yang timbul adalah bagaimana status hukum Disclaimer itu sendiri ?

Dalam situs Hukumonline.com, dijelaskan panjang lebar mengenai makna Disclaimer yang intinya adalah disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.


Namun, ternyata tidak begitu saja bisa lepas dari tanggung jawab. Masih di hukumoline.com, hal ini sebagaimana dikatakan oleh Jaksa pada Kejaksaan Agung RI Arief Indra Kusuma Adhi :

"Disclaimer tidak otomatis melepaskan tanggung jawab hukum seseorang. Jaksa juga akan melihat profil dari seorang tersangka, terutama untuk mengetahui apakah yang bersangkutan mempunyai catatan kejahatan. Pada prinsipnya, sah-sah saja menempatkan semacam barrier (disclaimer) di sebuah sistem elektronik, tapi orang yang bersangkutan tetap wajib untuk mengawasi/mengatur lalu lintas informasi.”

0 Response to "Apa Itu Disclaimer?"

Post a Comment